Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, November 02, 2012
0


Di Indonesia, warnet pada umunya identik dengan dengan dunia bajak-membajak. Mulai dari sistem operasi,aplikasi, sampai permainan pun dibajak. Jadi, tidak salah apabila Indonesia disebut sebagai surganya pembajakan. Oleh karena itu, maraknya razia yang dilakukan oleh pihak berwenang banyak dilakukan untuk memeriksa apakah setiap warnet yang disinggahi oleh mereka menggunakan aplikasi bajakan atau tidak.

Perubahan harus terus dilakukan jangan mau disebut sebagai pembajakan. Oleh karena itu, ada pilihan sistem operasi yang memang khusus diperuntukan bagi keperluan warnet, yaitu Zencafe. Menagapa Zecafe sangat disarankan untuk digunakan sebagai distribusi warnet?
Berikut adalah beberapa software yang sudah masuk di dalamnya, tanpa anda harus instal lagi:

● OpenOffice.org 3: aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data tulisan.
● Firefox: aplikasi untuk berselancar di dunia maya.
● Pidgin dan Gyachi: aplikasi untuk chatting.
● Autorecovery: aplikasi yang sama fungsinya dengan deepfreeze.
● CafĂ© Con Leche: aplikasi billing yang sudah terintegrasi.

Semua bisa anda dapatkan dengan gratis dan tanpa membayar lisensi. Inilah keandalan distribusi ini, sama seperti distribusi Linux lainnya.
Dengan Zencafe, warnet anda lebih aman,stabil,tahan virus,spyware, dan juga semua aplikasi yang disertakan juga bersifat FREE. Inilah yang diperlukan untuk warnet-warnet di indonesia. Pada artikel kali ini akan dibahas mulai dari instalasi Zencafe sebagai server maupun klien,bagaimana cara mengoperasikannya. Mudah dan praktis, itulah gambaran Zencafe sebagai distro warnet.

Penggunaan Zencafe kali ini akan difokuskan pada beberapa hal, yaitu instalasi, konfigurasi server, dan konfigurasi klien. Khusus untuk billing akan dibahas pada Praktik Instant apada edisi 10 ini juga.

Spesifikasi PC yang digunakan untuk instalasi Zencafe kali ini adalah:

● Processor
● RAM 256 MB
●Harddisk sebesar 5 GB

Anda dapat melakukan instalasi pada spesifikasi yang lain, namun Pentium III, 128 MB RAM, dan 3 GB harddisk merupakan syarat minimal yang diperlukan untuk instalasi Zencafe.

Di sini digunakan satu komputer sebagai server atau komputer administrator yang digunakan sebagai data center untuk menampung data-data klien, dan juga sebagai printer server. Dengan adanya data center, apabila klien ingin melakukan print dari komputernya ataupun bisa meletakkan datanya pada folder yang di-sharing di data center.

0 komentar:

Popular Posts

Recent Comments