Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, Oktober 06, 2012
0


SOLO PEDULI.....
Sejarah
Lembaga Sosial Kemanusiaan Solopeduli adalah lembaga sosial di bawah naungan Yayasan Solopeduli Umat. Solopeduli adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Soloraya pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sebagaimana namanya, Solopeduli berkhidmat mengangkat nilai-nilai kepedulian masyarakat untuk peduli kepada kaum dhuafa (miskin). Kepedulian tersebut digalang melalui dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana sosial lainnya yang halal dan legal, dari perseorangan, perusahaan/lembaga), yang selanjutnya diwujudkan dalam program-program sosial yang inovatif dan solutif sesuai kebutuhan masyarakat.
Solopeduli hadir saat masyarakat Indonesia dilanda krisis moneter tahun 1998. Krisis moneter saat itu menyebabkan perekonomian terpuruk, terjadi banyak PHK, pengangguran dimana-mana sehingga angka kemiskinan semakin meningkat.
Melihat kondisi memprihatinkan di atas, Solopeduli hadir untuk menumbuhkan kepedulian kepada sesama, terutama kepedulian kepada masyarakat dhuafa yang paling menderita akibat krisis. Dibidani oleh tiga orang, yaitu Danie H. Soe'oed (Mantan Harian Umum Solopos), Drs. Mulyanto Utomo (Harian Umum Solopos), dan Eri Sudewo (Dompet Dhuafa Republika) SOLOPEDULI lahir pada 11 Oktober 1999 di Solo Jawa Tengah dengan Akta pembaharuan Notaris Ny. Rahayu Utami Sari, SH nomor 147 tanggal 25 Februari 2010. Dengan NPWP No : 31.164.613.7-526.000

Filosofi Program
Sejak berdiri tahun 1999, Solopeduli menghadirkan program-program sosial yang inovatif dan solutif untuk masyarat dhuafa. Filosofinya, kami ingin menghadirkan layanan gratis dan paripurna untuk masyarakat dhufa, sejak mereka belum lahir hingga mereka meninggal dunia. Akhirnya lahirlah program unggulan kami:
  1. Rumah Bersalin Gratis pada tahun 2007

  2. Pesantren Gratis untuk anak yatim-dhuafa (SD & SMP) tahun 2008

  3. SMK Gratis SMART INFORMATIKA pada tahun 2009

  4. Kursus Komputer Gratis tahun 2009

  5. Kursus Stir Mobil Gratis 2010

  6. Mobil Tangki Air Gratis 2011

  7. Layanan Ambulan Gratis untuk orang sakit maupun layanan antar jenazah sejak 2006

Selain itu ada program-program lain yang berkomitmen membantu masyarakat dhuafa:
  1. Beasiswa Anugrah & Beasiswa Prestasi (SD,SMP,SMA & PT)

  2. Program Kampoeng Sentra Ternak (KASTER)

  3. Program Tebar Hewan Qurban (THQ)

  4. Program Aksi Tanggap Bencana (SIGAB)

  5. Program Santunan Kesehatan Dhuafa Sakit (SAFAIT)

  6. Santunan Anak Yatim (SAY)

  7. Dakwah Fi Sabilillah (D-FiSa)

  8. Penerbitan majalah dakwah "hadila" setiap bulan

  9. dan program inovatif lainnya.

Legalitas
Yayasan Solo Peduli Berdiri tanggal 11 Oktober 1999 di Solo Jawa Tengah dengan No. Akte Notaris 03 Notaris Ny. Sri Widyati Adi Sucipto, SH. Dengan NPWP No.:1.015.248.7-526. Dan dikukuhkan sebagai LAZ tingkat karesidenan Surakarta pada tanggal 12 Januari 2002 berdasar surat rekomendasi No.MK.29/2.c/BA.03.2/1061/2002 oleh Bapak H.A Farid Wajdi, SH. (Kan.Depag.Kota Surakarta).

Visi Misi
VISI
Menjadi lembaga terdepan dalam memberdayakan dan memandirikan umat.

MISI
  1. Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Pegawai Agar Mampu Merealisasikan Target-target Lembaga dan Mampu Mengelolanya. (CAPACITY BUILDING).

  2. Mengokohkan Struktur Lembaga dalam Merealisasikan Target Lembaga. (INSTITUTION BUILDING)

  3. Meningkatkan Akseptabilitas Lembaga dalam Rangka Mengokohkan Peran Dan Posisi Lembaga dalam skala Lokal, Regional maupun Nasional. (POSITIONING BUILDING)

  4. Mengelola Dan Memobilisasi Sumber Daya Ummat Secara Optimal untuk mewujudkan kemandirian dan Kemajuan Ummat. (SOCIAL BUILDING)

0 komentar:

Popular Posts

Recent Comments